Btc

Jumat, 06 Maret 2009

Kiat Memulai Usaha Baru

Saat ini banyak kita lihata para usahawan yang sukses terkadang mengundang daya tarik tersendiri untuk mencari tahu tip-tips dan kiat suksesnya. Entah karena sudah merasa bosan menjadi employee, atau merasa kurang cocok dengan pekerjaan yang ditekuni sekarang sebagai self employ atau bisnis onwer menurut Robert R. Tiyosaki
Paulus Winarto dalam bukunya First Step to be an Entrepreneur ada Step step terpenting untuk menjadi seorang wirausahawan diantaranya yaitu :
1. BERANI MENGAMBIL RESIKO
Dalam hal ini kita harus memiliki keberanian memulai seseuatu yang serba tidak pasti dan penuh resiko. Kita tentunya tidak mengambil semua resiko yang ada, melainkan resiko yang telah diperhitungkan dengan cermat
2. MENYUKAI TANTANGAN
Tantangan bukan kita hindari tetapi tantangan harus kita hadapi. Kalau kita Melihat segala sesuatu sebagai tantangan bukan masalah. Perubahan yang terus terjadi dan zaman yang serba edan sebaiknya dijadikan motivasi kemajuan bukan menciutkan nyali wirausahawan yang sukses. Dengan begitu seorang wirausawan akan terus memacu dirinya untuk maju mengatasi segala hambatan.
3. MEMPUNYAI DAYA TAHAN YANG TINGGI
Seorang wirausawan harus banyak akal (bukan akal-akalan) dan tidak gampang menyerah, mudah putus asa. Harus selalu mampu bangkit dari kegagalan dan tekun. Ingatlah bagaimana kita menonton film kartun (tom & jerry) misalnya, Ia tidak pernah pernah mati, Walaupun dipukul berkali kali. Dia bangkit terus dan terus memburu.
4. PUNYA VISI JAUH KE DEPAN
Segala yang dilakukan punya tujuan jangka panjang meski dimulai dengan langkah yang amat kecil. Ia punya target untuk jangka waktu tertentu. Bagaimana tahun berikutnya, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, dan seterusnya. Usahanya bukan letupan-letupan sesaat dan bukan karena latah (ikut-ikutan) Visi adalah pandangan jauh kedepan tentang kita atau usahakita.
5. SELALU BERUSAHA MEMBERIKAN YANG TERBAIK
Wirausahawan akan mengerahkan semua potensi yang dimilikinya. Jika di rasa kurang ia akan merekrut orang-orang yang lebih berkompeten agar dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggan
Terkadang kita memiliki kemampuan tetapi tidak berani untuk memulai. Strategi yang tepat untuk mengatasi TAKUT MEMULAI menjadi seorang usahawan adalah harus ”Berani! Harus Berani berubah, harus bermimpi besar. Berani bertindak tapi tetap memperhitungkan kegagalan-kegagalan. Pasti BISA! Meski kita lulusan SLTA dengan USAHA dan KERJA KERAS, DOA dan Semangat TINGGI. PASTI BISA.

Kalau Kita ragu memulai usaha, kita Boleh-boleh saja memiliki usaha yang gampang melalui franchising atau .ikutan tren misal waralaba tapi pikir dan yakin serta hitung dengan cermat dan akurat semua resikonya. Jika resikonya kita bisa atasi ya kenapa tidak berani memulai?Setiap jenis usaha pasti ada resikonya.

Banyak belajar dari pengalaman-pengalaman kita sendiri juga pengalaman-pengalaman orang lain. Minimalkan biaya dan lakukan PDCA (Plan-Do-Control-Action)

Bagaimana kalau kita sebagai karyawan, pekerja masih bisa memungkinkan untuk berbisnis sampingan atau punya usaha sendiri mulai langkah kecil kita. Mulai dari sekarang Join dengan teman-teman saja dulu, lalu terus kembangkan itu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar